Senin, 16 Mei 2016

Menggunakan Ribbon Tab dan Tab Group pada Perangkat Lunak Pengolah Angka

A.     Perangkat Lunak Pengolah Angka  (Microsoft Excel)

1.      Pengertian Perangkat Lunak Pengolah Angka  (Microsoft Excel)

Perkembangan Microsoft excel dari versi pertama menuju versi selanjutnya mengalami perkembangan yang segnifikan. Microsoft Excel versi 1.0 mampu dijalankan pada komputer IBM PC dengan Micro Processor 80486, dilanjutkan dengan Microsoft Excel versi 2.0. Microsoft Corporation terus mengembangkan berbagai versi dari Microsoft Excel dengan mengalami berbagai penyempurnaan, maka dirilislah versi Microsoft Excel 2003. Hingga sekarang Microsoft Excel 2007 dan Excel 2020 bisa dijumpai dengan fitur-fitur terbaru bahkan bisa terintegrasi dengan aflikasi Microsoft Office lainnya.
Excel biasa identik dengan pengolahan angka, kalkulasi, membuat diagram,laporan dan semua hal yang berkaitan dengan data yang berupa angka. Selain itu lembar sebar Excel juga dapat menampilkan data dalam bentuk grafik dan gambar. Excel 2010 memiliki tampilan antar muka berbeda dari versi-versi sebelumnya. Daftar perintah yang biasa dikelompokkan dalam tab-tab tertentu dengan masing-masing kategori memiliki tools yang dikelompokkan sesuai dengan kriterianya dan dapat diakses dengan cepat dan mudah. Beberapa versi dari Excel yang berada di Indonesia diantaranya versi ’97, 2000, XP, 2003, 2007 dan 2010.
Lembar sebar Excel (spreadsheet) pada dasarnya berupa grid besar yang menata data ke dalam baris dan kolom, namun Excel memiliki fitur yang lebih dari sekedar pengganti buku Akuntansi dengan semua kalkulasi yang diinginkan. Data didalam sebuah sheet diubah setiap saat, maka Excel dapat langsung melakukan perubahan hasil tanpa harus mengubah struktur keseluruhan dari penulisan spreadsheet.
Penggunaan Excel yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya sebagai berikut.
a.       Membuat grafik untuk memperlihatkan presentasi suatu penjualan.
b.      Menghitung rata-rata atau nilai maksimum suatu data.
c.       Manajemen suatu database.
d.      Memperlihatkan jumlah total suatu variabel.

2.      Mengaktifkan dan Mengakhiri Excel 2010
Langkah pertama sebelum memulai program Excel, yaitu mengecek apakah komputer sudah ter-install program Microsoft Excel 2010 atau belum. Setelah yakin bahwa Excel telah ter-install di dalam komputer, selanjutnya dapat menggunakan software ini untuk berbagai keperluan.
Berikut cara membuka dan menutup Microsoft Excel 2010.
a.       Cara mengaktifkan Microsoft Excel 2010
Cara mengaktifkan Microsoft Office Excel dapat kita lakukan dengan beberapa cara di antaranya, adalah sebagai berikut.
1)      Melalui menu Start
Mengaktifkan program Excel dengan menggunakan menu Start adalah memanfaatkan tombol Start yang terletak di pojok kiri bawah. Langkah-langkah yang digunakan, adalah sebagai berikut.
A)     Klik menu Start, kemudian arahkan petunjuk mouse pada pilihan All Program.
B)      Klik pada folder Microsoft Office dan klik pada Microsoft Excel 2010.
2)      Menggunakan shortcut Microsoft Excel 2010 yang terdapat pada desktop.
Cara mengaktifkan Microsoft Excel 2010 menggunakan shortcut, cukup dengan double klik pada shortcut Microsoft Excel 2010 yang ada pada desktop. Misalkan shortcut belum terpasang di desktop, dapat dimunculkan dengan cara sebagai berikut.
a)      Klik kanan pada ikon Microsoft Excel.
b)      Pilih menu pin to taskbar atau pin to start menu.
c)       Setelah itu double klik pada ikon baru tersebut di desktop.
3)      Melalui file yang terdapat di Microsoft Excel dengan ekstensi XLSX.
Setiap file Excel 2010 tersimpan dengan ekstensi XLSX, masuklah ke dalam Windows Explorer dan carilah tempat keberadaan file Excel yang pernah dibuat. Misalnya file Excel ada di My Document, lalu klik dua kali pada file Excel yang akan dibuka.
b.      Cara mengakhiri Microsoft Excel 2010
Setelah selesai menggunakan Microsoft Excel 2010, perlu menutup program aplikasi tersebut sebelum mematikan komputer. Langkah untuk mengakhiri atau menutup jendela Microsoft Office Excel adalah memilih dan klik File button – Exit atau klik tombol Close yang berada di pojok kanan atas jendela Microsoft Office Excel, sehingga muncul jendela seperti gambar berikut.
1)      Klik Don’t Save, jika tidak ingin menyimpan perubahan yang telah dilakukan pada worksheet, atau Save utuk menyimpan perubahan pada dokumen tersebut.
2)      Tunggu beberapa saat, hingga jendela Microsoft Office Excel tertutup dan tidak tampil lagi.


3.      Elemen-Elemen pada Microsoft Excel 2010

Pada saat memulai Excel 2010, akan muncul sebuah lembar sebar kosong. Di lembar tersebut user dapat menambahkan, mengubah, meminta, bahkan menemukan data/informasi dalam file yang bersangkutan. Komponen-komponen terpenting Excel 2010, yaitu jendela workbook, ribbon tabs, quick access toolbar, baris tab, formula bar, font size, name box, spreadsheet area, scrool bar, tombol navigasi, nama sheet, baris status, zoom, dan lain-lain.
Bagian-bagian dari layar pembuka Microsoft Excel adalah sebagai berikut.
a.       Title Bar
Title bar menampilkan nama file atau nama lembar sebar yang aktif. Title bar terletak di bagian atas tengah pada lembar sebar Microsoft Excel 2010. Pada title bar ditampilkan ikon program di sudut kanan, bila di klik kanan akan menampilkan menu popup control menu dan tiga buah Control Command, yaitu minimize, maximize, restore, dan close. Minimize digunakan untuk menyembunyikan program dan menyimpan pada task bar dengan bentuk tombol (button). Maximize digunakan untuk mengubah tampilan ukuran program satu layar monitor. Sedangkan, close digunakan untuk menutup program aplikasi.
b.      Fille button
Tombol berbentuk kotak dengan warna hijau dengan tulisan “File”. Tombol ini digunakan untuk memanajemen berkas lembar sebar yang akan atau telah diproses oleh Microsoft Excel. Dengan klik tombol tersebut, akan menemukan beberapa tombol lain di dalamnya, seperti tombol utama Save, Save As, Open, dan Close. Sedangkan, tombol tambahan berisi tentang Info, Recent, New, Print, Save and Send, Help, Option dan Exit. Tombol File Button menggantikan tombol Office Button yang semula pada Microsoft Excel 2007.

c.       Ikon
Ikon merupakan kotak yang berisi tombol-tombol untuk mempercepat proses pekerjaan yang saat menggunakan program pengolah angka. Tombol-tombol tersebut juga bisa disebut shortcut sebagai perintah cepat dari sebuah pilihan menu.
d.      Tab worksheet
Tab worksheet digunakan untuk menyimpan multi sheet pada satu lembar sebar. Dapat dengan cepat berpindah dari satu sheet ke sheet lain dengan klik pada tab worksheet. Nama sheet dapat diganti sesuai dengan kebutuhan. Excel menyediakan tiga lembar sebar (worksheet).
e.      Ribbon tabs
Ribbon tabs Excel 2010 berbeda dengan versi-versi sebelumnya yang berisi intruksi-intruksi mengubah posisi jendela. Dalam Excel 2010, isi perintah-perintah ribbon tabs muncul saat ribbon tabs tersebut diklik.

1)      Save
Ikon Save merupakan perintah untuk menyimpan file lembar sebar Excel 2010 yang baru dibuat atau di edit, yang sebelumnya pernah atau belum pernah tersimpan di dalam hardisk, CD/DVDROM, USB flashdisk, disket, atau media simpan lainnya.
2)      Save As
Perintah Save As memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan perintah Save. Perintah Save As dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas untuk memindahkan drive, membuat folder, membuat nama file baru, maupun ekstensi dari file yang bersangkutan.
3)      Open
Ikon Open merupakan perintah untuk membuka lembar sebar Excel 2010 yang telah tersimpan dalam hardisk, CD/DVDROM, USB flashdisk, disket, atau media simpan lainnya.
4)      Close
Ikon Close digunakan untuk menutup segala aktivitas penggunaan lembar sebar.
5)      New
New merupakan perintah untuk menampilkan lembar sebar kosong atau penulisan lembar sebar baru. Cara memulai pekerjaan pada Microsoft Excel 2010 dapat dilakukan dengan klik pada icon New atau menggunakan tombol kombinasi CTRL + N untuk membuat workbook baru. Setelah memilih File button, dilanjutkan dengan memilih blank document dan klik create pada tampilan menu tersebut.

f.        Quick access toolbar
Quick access toolbar dilambangkan berupa huruf X warna hijau yang terletak dipojok kiri atas atau tepatnya disebelah kanan File button. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk ikon gambar yang masing-masing mewakili perintah tertentu dan berbeda perintah antara tombol satu dengan tombol lainnya, diantaranya sebagai berikut.
1)      Restore
Berfungsi mengembalikan jendela Excel 2010 pada ukuran semula.
2)      Move
Berfungsi untuk menggeser tampilan lembar sebar.
3)      Size
Berfungsi untuk mengatur ukuran tampilan lembar sebar.
4)      Minimize
Berfungsi untuk menutup sementara Excel, jendela ditutup dan di kirim ke taskbar menjadi sebuah icon. Cara membuka kembali klik pada icon di taskbar.
5)      Maximize
Berfungsi mengubah ukuran jendela Excel 2010 menjadi ukuran yang selebar layar monitor.
6)      Close (Alt + F4)
Berfungsi untuk menutup jendela Excel 2010.


g.       Barisan tab
Penampilan pada lingkungan kerja Excel 2010 sangat berbeda dengan Microsoft Excel versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab/baris tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan ribbon tabs dan ribbon group.
h.      Formula bar
Formula bar merupakan tempat untuk menuliskan rumus (fungsi). Penulisan formula cell selalu diawali dengan tanda (=)
i.        Name box
Name box merupakan bagian Excel yang berisi alamat suatu sel.
j.        Coloumns dan rows
Coloumns (kolom) merupakan baris lajur yang berisi abjad A sampai XFD (16,384 kolom). Sedangkan rows (baris) berisi angka 1 – 1,048,576 baris.
k.       Tombol sheet
Tombol navigasi sheet identik dengan tombol untuk berpindah dari satu sheet ke sheet yang lain.
l.        Scroll bar
Scroll bar merupakan baris penggulung yang dibedakan menjadi dua, yaitu vertical scroll bar untuk menggulung lembar sebar ke atas atau ke bawah serta horizontal scroll bar untuk menggulung layar ke kiri dan ke kanan.
m.    Baris status
Baris status berisi keterangan menunjukan lembar sebar yang aktif digunakan. Pada status bar terdapat group tombol yang digunakan untuk mengatur tampilan naskah selain itu juga dibubuhi sebuah slider yang diapit oleh dua tombol “-“ dan “+” yang digunakan untuk perbesaran tampilan (zoom) dari lembar sebar (worksheet).
n.      Zoom slider
Zoom slider merupakan tombol untuk mengatur penampilan layar, mengecilkan, dan membesarkan lembar sebar dalam layar.


B.      Fungsi Ribbon Tabs dan Ribbon Group Pada Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel adalah program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka. Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Program Microsoft Excel pada umumnya digunakan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan tabel, angka-angka dan grafik. Microsoft Excel 2010 memiliki jenis-jenis tab yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan secara cepat. Tab-tab tersebut meliputi Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View. Perubahan-perubahan oleh fitur dan tampilannya yang semakin baik dan sangat mudah digunakan dibandingkan Microsoft Excel 2007.
1.       Kategori Ribbon dan Tab
Microsoft Office Excel 2010 mengenal istilah Ribbon dalam menampilkan menu di bagian atas jendela aplikasi tersebut. Ribbon (pita) merupakan kontrol baru untuk mengganti penggunaan menu dan toolbar pada Excel versi terdahulu yang menyerupai pita yang terpasang dari kiri ke kanan seperti pita mesin tik atau printer dot matrix. Ribbon merupakan standar baru dari Microsoft dalam menampilkan menu perintah. Sejak tahun 2009 yang lalu Microsoft Corporation telah menampilkan “wajah” Ribbon sebagai area menampilkan menu.
Ribbon berfungsi untuk menampilkan group yang terdapat di setiap tab yang sedang aktif. Sedangkan group terdiri dari kumpulan ikon yang memiliki kesamaan fungsi.
a.       Fungsi tab Home
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk melakukan pengeditan terhadap lembar sebar yang sedang dikerjakan. Supaya dapat mengakses halaman ribbon Home dengan klik pada tab Home atau menggunakan tombol kombinasi Alt + H. Tombol Alt akan menampilkan kotak-kotak kecil bertuliskan huruf akses cepat bagi setiap perintah pada tab home. Tekan tombol Alt kembali untuk menonaktifkan huruf akses.

Adapun perintah yang terdapat di tab home terdiri dari 7 group perintah, yaitu sebagai berikut.
1)      Group Clipboard
Group clipboard berfungsi untuk menampung atau menyimpan data sementara hasil penandaan pada perintah copy atau cut. Dalam sub menu ini, terdapat perintah-perintah dalam bentuk icon (tombol).
a)      Cut (CTRL + X) digunakan untuk memindahkan data atau objek terpilih ke daerah lain dengan bantuan perintah Paste.
b)      Copy (CTRL + C) digunakan untuk menyalin data tertentu yang diakhiri dengan perintah Paste.
c)       Paste (CTRL + V) merupakan menu ikon yang digunakan untuk menempelkan objek atau teks yang telah di-cut atau di-copy.
d)      Format Painter digunakan untuk  meniru suatu pemformatan dan menerapkannya ke dalam data terpilih lain. Pemformatan yang dimaksud meliputi jenis huruf, ukuran huruf, bold, italic, warna huruf, bahkan warna latar suatu sel.
2)      Group Font
Perintah-perintah di group Font digunakan untuk pemformatan seputar huruf atau karakter data dan cell. Menu perintah di group ini terdapat 10 perintah, yaitu sebagai berikut.
a)      Font digunakan untuk mengubah jenis huruf dari data yang terseleksi.
b)      Font Size digunakan untuk mengatur ukuran huruf atau karakter dari data terpilih.
c)       Increase Font digunakan untuk memperbesar ukuran huruf secara bertahap.
d)      Decreaase Font digunakan untuk memperkecil ukuran huruf secara bertahap.
e)      Bold (CTRL + B) berguna untuk menebalkan huruf atau karakter.
f)       Italic (CTRL + I) digunkan untuk memiringkan data terpilih.
g)      Underline (CTRL + U) digunakan untuk memberi tanda garis bawah pada setiap data terpilih.
h)      Border digunakan untuk mengatur garis tepi dari cell terpilih.
i)        Fill Color digunakan untuk mengatur warna shading data dalam cell terpilih.
j)        Font Color digunakan untuk mengatur warna huruf.
3)      Group Alignment
Perintah di group Alignment digunakan untuk mengatur format paragraf data cell. Perintah-perintaah yang terdapat di group ini ada 12 perintah yaitu sebagai berikut.
a)      Top Align digunakan untuk menjadikan data cell menepi ke bagian atas cell. Aktifkan cell yang diinginkan. klik perintah tersebut, maka data dalam cell akan menepi ke bagian atas cell.
b)      Middle Align digunakan untuk menjadikan teks berada di tengah-atas cell.
c)       Bottom Align digunakan untuk menjadikan teks menepi ke bagian bawah cell.
d)      Orientations digunakan untuk mengatur arah dan posisi data dalam cell. Dengan menu ini user bisa menjadikan baris teks vertikal, horizontal, dan sebagainya.
e)      Text Directions digunakan untuk mengatur arah teks, yang dibagi menjadi perintah Left-to-Right untuk format Latin, Right-to-Left untuk format Arab, dan perintah Context mengikuti bahasa penulisan yang digunakan.
f)       Align Text Left digunakan untuk menjadikan teks rata kiri.
g)      Center digunakan untuk menjadikan teks rata tengah.
h)      Align Text Right digunakan untuk menjadikan teks rata kanan.
i)        Decrease Indent digunakan untuk menarik batas kiri teks ke sebelah kiri.
j)        Increase Indent  digunakan untuk menarik batas kiri teks ke sebelah kanan.
k)      Wrap Text digunakan untuk mengatur distribusi teks.
l)        Merge and Center digunakan untuk menggabung beberapa cell terpilih dan meletakan teks di dalamnya  dibagian tengah cell.
4)      Group Number
Semua perintah yang terdapat di group Number digunakan untuk mengatur data nomor dalam suatu cell. Group Number terdiri dari 6 perintah, yaitu sebagai berikut.
a)      Number Format digunakan untuk mengatur format tertentu pada data jenis numerik yang terdapat dalam cell. Misalnya numerik dan Percentage untuk format persentase.
b)      Accounting digunakan untuk mengatur format harga sesuai dengan spesifikasi mata uang, misalnya Rp (untuk rupiah).
c)        Percent Style digunakan untuk memformat suatu data numerik dengan gaya persentase. Nilai persentase akan muncul secara otomatis pada cell yang telah diformat.
d)      Comma Style digunakan untuk menampilkan angka desimal sebagai angka bulat.
e)      Increase Decimal digunakan untuk menambah jumlah digit setelah koma dalam bilangan angka desimal. Misal, 1200; 1200,0; 1200,00; dan seterusnya.
f)       Decrease Decimal digunakan untuk mengurangi jumlah digit setelah koma dalam bilangan angka desimal. Ini berfungsi kebalikan dari increase decimal.
5)      Group Styles
Perintah-perintah di group Styles digunakan untuk pemformatan cell. Dalam group ini terdapat tiga menu utama, yaitu sebagai berikut.
a)      Conditional Formatting digunakan untuk memformat cell sebagai diagram dari data yang terdapat di dalam cell tersebut.
b)      Format as Table digunakan untuk memformat cell sebagai tabel dengan segala tema dan warna, namun tetap memberikan kesan estetika formal.
c)       Cell Styles berfungsi untuk memformat suatu cell sesuai dengan kondisi dan klasifikasinya.
6)      Group Cells
Menu perintah di group Cells ini digunakan untuk melakukan properti seputar cell yang terdapat di lembar sebar Excel. Dalam group ini terdapat tiga perintah, yaitu sebagai berikut.
a)      Insert, digunakan untuk menyisipkan kolom atau baris cell di tengah-tengah cell yang sudah terisi data.
b)      Delete, digunakan untuk menghapus baris cell maupun kolom aktif.
c)       Format, digunakan untuk melakukan properti seputar cell dan kolom yang sedang terpilih.
7)      Group Editing
Menu perintah group Editing digunakan untuk melakukan editing di lembar sebar Excel. Dalam group ini terdapat lima perintah, yaitu sebagai berikut.
a)      AutoSum digunakan untuk menjumlahkan data dalam suatu range cell yang telah ditentukan.
b)      Fill digunakan untuk membuat deret data dalam suatu range, menyalin, isi data suatu cell atau range.
c)       Clear digunakan untuk menghapus data dalam cell atau range yang dipilih, seperti isi, format, dan komentar cell.
d)      Sort and Filter digunakan untuk mengurutkan data dari yang terkecil hingga terbesar, begitu juga sebaliknya.
e)      Find and Select digunakan untuk mencari dan mengganti data secara otomatis.
b.      Fungsi tab Insert
Secara umum, perintah-perintah yang terdapat di tab Insert digunakan untuk keperluan sisipan objek serta pengaturannya ke dalam lembar sebar Microsoft Excel karena tidak selalu terfokus pada masalah perhitungan aritmatika dan statistika. Tab ini digunakan untuk memasukkan intruksi-intruksi ke dalam lembar sebar seperti memasukkan gambar (clip art) agar tampilan pada lembar sebar menjadi menarik, model-model grafik (chart), membuat link (hyperlink), memasukkan simbol dan lain-lain.

Adapun perintah yang terdapat di tab Insert terdiri dari 8 group perintah.
1)      Group Tables
Perintah di group Tables digunakan untuk menyisipkan objek abulasi maupun pivot.
a)      Pivot Table dan Pivot Chart
Pivot Table digunakan untuk menyisipkan lembar sebar baru yang berisi ringkasan dari kolom dan baris dari lembar sebar aktif. Sedangkan Pivot Chart digunakan untuk menyisipkan lembar sebar baru dalam bentuk diagram atau indeks berdasarkan lembar sebar aktif.
b)      Table
Perintah Table digunakan untuk menyisipkan tabulasi dari data terpilih sehingga data tersebut menjadi lebih mudah untuk disortir atau disaring dengan menggunakan kriteria tertentu. Seperti pada umumnya, data yang terdapat dalam cell standar mungkin sulit untuk disortir dengan sisitem (A-Z) atau sebaliknya.
2)      Group Illustrations
Group Illustrations berisi sekumpulan perintah yang digunakan untuk menyisipkan berbagai objek ilustrasi atau gambaran ke dalam suatu lembar sebar.
a)      Picture
Digunakan untuk menyisipkan objek gambar ke dalam lembar sebar aktif. Misalnya membubuhkan foto atau gambar yang mungkin sebagai ilustarsi atau sebagai elemen pemanis agar tampilan suatu lembar sebar lebih menarik.
b)      Clip Art
Digunakan untuk menyisipkan gambar sederhana yang lebih mirip dengan gambar vektor yang digunakan sebagi ilustrasi ke dalam suatu lembar sebar.
c)       Shapes
Digunakan untuk menyisipkan objek geometris, seperti segi tiga, segi empat, dan lain-lain, ke dalam lembar sebar yang sedang diaktifkan.
d)      SmartArt
Digunakan untuk menyisipkan objek dengan sistem yang lebih mengarah pada sistem hierarkis, dimana bentuk yang tersedia kebanyakan sudah memiliki bentuk dan memiliki bagian dibawahnya atau disebelahnya.
e)      Screenshot
Digunakan untuk menyisipkan objek gambar dengan terlebih dahulu menangkap area tertentu di layar monitor. 
3)      Group Chart
Digunakan untuk menyisipkan grafik dalam berbagai bentuk ke dalam data dokumen. Group ini terdiri dari tujuh bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Column digunakan untuk memasukan/menambahkan grafik berbentuk kolom.
b)      Line digunakan untuk memasukkan/menambahkan grafik berbentuk garis.
c)       Pie digunakan untuk memasukkan/menambahkan grafik berbentuk pie (lingkaran garis).
d)      Bar digunakan untuk memasukkan/menambahkan grafik berbentuk batang.
e)      Area digunakan untuk memasukkan/menambahkan grafik berbentuk area.
f)       Scatter digunakan untuk memasukkan/menambahkan grafik berbentuk hamburan.
g)      Other Charts digunakan untuk memasukkan/menambahkan grafik berbentuk lainnya.
4)      Group Sparkline
Fungsinya berhubungan dengan analisa data, agar dengan cepat mengetahui trend pergerakan data yang dimilikinya dengan sekali lihat. Group ini terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Line berfungsi menyisipkan grafik garis pada cell tungggal.
b)      Column berfungsi menyisipkan grafik kolom pada cell tunggal.
c)       Win/loss berfungsi menghilangkan/menampilkan data yang bersangkutan.
5)      Group Filter
Perintah untuk menyaring data. Group ini terdiri dari satu bagian, yaitu slicer untuk memasukkan alat pengiris untuk menyaring Pivot Tables dan fungsi kubus.
6)      Group Links
Membuat hyperlink, misalnya menghubungkan data dengan web atau program tertentu. Group ini terdiri dari satu bagian, yaitu Hyperlink untuk mengarahkan ke alamat tujuan.
7)      Group Text
Menyisipkan kotak teks, header and footer, WordArt, dan tanda tangan objek. Group ini terdiri dari lima bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Text Box digunakan untuk memasukkan/menambahkan kotak teks.
b)      Header and Footer digunakan untuk memasukkan/menambahkan kepala halaman dan kaki halaman.
c)       WordArt digunkan untuk memasukkan/menambahkan tulisan indah.
d)      Signature Line digunakan untuk memberi tanda tangan digital.
e)      Object digunakan untuk memasukkan/menambahkan file lain.
8)      Group Symbol
Membuat dan menyisipkan rumus matematika dan simbol. Group ini terdiri dari dua bagian, yaitu Equation untuk memasukkan/ menambahkan simbol-simbol yang terdapat dalam rumus matematika serta simbol yang digunakan untuk memasukkan/ menambahkan simbol.
c.       Fungsi tab Page Layout
Page layout merupakan menu yang berguna untuk mengatur halaman, baik itu tampilan yang ada di monitor maupun hasil cetaknya (print out). Di dalamnya terdapat sub group, yang letaknya berada di bawah deretan tabs.

Group ini terdiri dari lima bagian, yaitu sebagai berikut.
1)      Group Themes
Berfungsi mengatur atau mengubah desain dokumen yang sedang dikerjakan seperti warna, jenis huruf, dan efek sehingga tampilan dokumen lebih menarik. Group ini terdiri dari empat bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Themes digunakan untuk merubah tampilan (tema).
b)      Colors digunakan untuk mengubah warna tampilan (tema).
c)       Fonts digunakan untuk merubah font tampilan (tema).
d)      Effects digunakan untuk mengubah/memberi effects tampilan (tema).
2)      Group Page Setup
Berfungsi melakukan pengaturan halaman dalam ukuran kertas, margin halaman, pengaturan kolom teks, dan lain-lain. Group ini terdiri dari tujuh bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Margins digunakan untuk memberi lebar batas kertas.
b)      Orientation digunakan untuk merubah posisi kertas, portrait (berdiri) ataupun landscape (tidur).
c)       Size digunkan untuk merubah ukuran kertas.
d)      Print area digunakan untuk menentukan luas area yang akan di print dalam satu halaman.
e)      Breaks digunakan untuk memutuskan/mengosongkan halaman bawah, sehingga berada di halaman berikutnya.
f)       Background digunakan untuk memberi background pada lembar sebar (sheet).
g)      Print tiles digunakan untuk menentukan baris yang di print berulang-ulang.
3)      Group Scale to Fit
Berfungsi untuk mengatur lebar dan tinggi dokumen agar sesuai dengan ukuran kertas, serta menentukan ukuran presentase besar ukuran dokumen saat dicetak. Group ini terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Widht digunakan untuk menentukan skala lembar sebar pada hasil print-out (berdasarkan lebarnya).
b)      Height digunakan untuk menentukan skala lembar sebar pada hasil print-out (berdasarkan tingginya).
c)       Scale digunakan untuk menentukan skala lembar sebar pada hasil print-out.
4)      Sheet Options
Berfungsi menampilkan garis kisi-kisi sel, antara row, dan column, serta menampilkan heading pada row dan column tersebut. Group ini terdiri dari dua bagian, yaitu Gridlines digunakan untuk menentukan apakah garis padu pada lembar sebar akan ditampilkan/ di-print serta Headings yang digunakan untuk menentukan apakah kepala kolom pada lembar sebar akan ditampilkan/di-print.
5)      Group Arrange
Berfungsi mengatur atau mengubah posisi gambar dalam suatu paragraf atau dalam satu halaman dokumen. Group ini terdiri dari enam bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Bring to Front digunakan untuk meletakkan objek pada posisi paling depan.
b)      Send to Back digunakan untuk meletakkan objek pada posisi paling belakang.
c)       Selection pane digunakan untuk menampilkan kotak dialog Selection Pane.
d)      Align digunakan untuk menata align antar objek.
e)      Group digunakan untuk menjadikan beberapa objek menjadi satu group.
f)       Rotate digunakan untuk memutar objek.
d.      Fungsi tab Formulas
Formulas merupakan menu di mana di dalamnya terdapat fasilitas-fasilitas yang mendukung penggunaan formula (rumus). Di dalamnya terdapat sub-sub group yang letaknya berada di bawah deretan tabs.

Group ini terdiri dari empat bagian, yaitu sebagai berikut.
1)      Group Function Library
Berfungsi membuat fungsi keuangan, matematika, logis, waktu, dan kelompok fungsi lainnya pada formula bar atau pada cell yang aktif. Group ini terdiri dari 9  bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      AutoSum digunakan untuk mengolah data yang berkaitan dengan angka secara otomatis.
b)      Recently Used digunakan untuk formula yang baru saja digunakan.
c)       Financial berisi kumpulan formula yang berkaitan dengan keuangan.
d)      Logical berisi kumpulan formula yang berkaitan dengan logika/analisa.
e)      Text berisi kumpulan formula yang berkaitan dengan teks.
f)       Date dan Time berisi kumpulan formula yang berkaitan dengan data dan referensi.
g)      Lookup dan Reference digunakan untuk berisi kumpulan formula yang berkaitan dengan data dan referensi. 
h)      Math and Trig berisi kumpulan formula yang berkaitan dengan ilmu pasti dan trigonometri.
i)        More Functions berisi kumpulan formula-formula yang lainnya.
2)      Group Defined Names
Berfungsi mendefinisikan nama cell maupun range, atau membuat sistem penamaan pada cell atau range yang kita inginkan. Group ini terdiri dari empat bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Name Manager digunakan untuk mengatur/merubah/memperbaiki sebuah cell atau range.
b)      Define Name digunakan untuk memperbaiki/merubah nama sebuah cell atau range.
c)       Use in Formula digunakan untuk mengetahui nama sebuah cell atau range yang digunakan dalam formula.
d)      Create from Selection digunakan untuk membuat nama sebuah cell atau range secara otomatis, berdasarkan range yang dipilih.
3)      Group Formula Auditing
Berfungsi menampilkan tanda panah yang mengarah ke satu cell hasil perhitungan suatu rumus atau fungsi dari kelompok cell tertentu. Group ini terdiri dari tujuh bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Trace Precedents untuk menampilkan anak panah yang berhubungan dengan cell-cell yang terkait dengan sebuah cell yang berisi formula.
b)      Trace Depedents untuk menampilkan anak panah yang berhubungan dengan cell-cell yang terkait dengan sebuah cell yang berisi formula.
c)       Remove Arrows untuk menghilangkan efek anak panah dari Trace Precedents dan Trace Depedents.
d)      Remove Arrows untuk menghilangkan efek anak panah dari Trace Precedents dan Trace Depedents.
e)      Error Checking untuk mengecek formula yang error.
f)       Evaluate Formula digunakan untuk mengevaluasi formula.
g)      Watch Window digunakan untuk menampilkan jendela dalam untuk memonitor atau mengamati beberapa cell sekaligus, meskipun sedang bekerja pada lembar sebar atau buku kerja yang berbeda.
4)      Group Calculation
Berfungsi untuk melakukan perhitungan terhadap serangkaian data dalam suatu range atau sheet dalam workbook yang aktif. Group ini terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Calculation Options digunakan untuk memilih formula yang akan dikalkulasi atau dihitung.
b)      Calculate Now digunakan untuk mengalkulasi atau menghitung serangkaian data pada workbook yang sedang dikerjakan.
c)       Calculate Sheet digunakan untuk mengalkulasi atau menghitung serangkaian data pada sheet yang sedang dikerjakan.
e.      Fungsi tab Data
Data merupakan jenis tab yang memiliki fungsi penataan tampilan pada lembar sebar. Menu ini tidak berpengaruh pada data yang ada. Di dalamnya terdapat sub group, yang letaknya berada di bawah deretan tabs.

Group ini terdiri dari lima perintah, yaitu sebagai berikut.
1)      Group Get Eternal Data
Untuk mengambil data dari sumber lain tau program aplikasi lain dan ditempatkan pada lembar sebar yang sedang aktif. Group ini terdiri dari lima bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      From Access digunakan untuk mengimpor data (data base) dari Microsoft Access.
b)      From Web digunakan untuk mengimpor data (data base) dari halaman website.
c)       From Text digunakan untuk mengimpor data (data base) dari file teks.
d)      From Other Sources digunakan untuk mengimpor data (data base) dari sumber lain.
e)      Existing Connections digunakan untuk menyambungkan data dari luar Excel yang sedang digunakan.
2)      Group Connections
Berfungsi memperbaharui hubungan data antar-workbook sehingga data yang sudah dikoneksi terlebih dahulu akan selalu update jika data dari sumber lain tersebut diperbaharui. Group ini terdiri dari empat bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Refresh All untuk menyegarkan data (meng-update) data yang sedang terhubung dengan lembar sebar Excel.
b)      Connections untuk menampilkan kotak dialog yang sedang terhubung dengan lembar sebar.
c)       Properties untuk mengatur (memanajemen) spesifikasi data yang sedang terhubung dengan lembar sebar Excel.
d)      Edit Link untuk menampilkan seluruh data yang terhubung dan mengedit.
3)      Group Sort dan Filter
Berfungsi mengurutkan data dari nilai terkecil hingga terbesar, begitu juga sebaliknya dari data yang terkecil. Group ini terdiri dari lima bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Sort digunakan untuk menampilkan kotak dialog sort, yang selanjutnya bisa mengurutkan data sesuai dengan kriteria yang ditentukan.
b)      Filter digunakan untuk mengaktifkan filter data (mengurutkan data) sesuai dengan kriteria.
c)       Clear digunakan untuk memberikan /menonaktifkan filter data dan sort data.
d)      Reapply digunakan untuk mengaplikasikan kembali filter atau sort terhadap cell atau range.
e)      Advanced digunakan untuk menata sort/filter secara lebih detail lagi.
4)      Group Data Tools
Berfungsi melakukan validasi data yang sedang dikerjakan. Group ini terdiri dari lima bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Text to Columns digunakan untuk merubah teks (kalimat) menjadi per kolom.
b)      Remove Duplicates digunakan untuk menghapus baris yang ganda.
c)       Data Validation digunakan untuk mencegah data yang tidak valid dari data yang dimasukkan ke dalam cell.
d)      Consolidate digunakan untuk menggabungkan beberapa data menjadi satu cell.
e)      What-if Analisys digunakan untuk menganalisis atau mencoba beragam nilai untuk formula yang terdapat dalam sheet.
5)      Group Outline
Berfungsi membuat outline pada data. Group ini terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Group untuk membuat beberapa baris menjadi sebuah group.
b)      Ungroup untuk mengembalikan beberapa baris agar tidak menjadi sebuah group.
c)       Subtotal untuk melakukan perhitungan berdasarkan kategori item.
f.        Fungsi tab Review
Review merupakan salah satu media dalam penyedia informasi. Di dalamnya terdapat sub group, yang letaknya berada di bawah deretan tabs.

Group ini terdiri dari empat perintah, yaitu sebagai berikut.
1)      Proofing
Berfungsi untuk mengontrol spelling atau ejaan dalam data, mencari data dari berbagai sumber data, mencari arti kata dalam kamus. Group ini terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Spelling digunakan untuk mengecek ketepatan ejaan teks.
b)      Research digunakan untuk menampilkan kotak dialog kamus/reverensi.
c)       Thesaurus digunakan untuk menampilkan  pilihan teks pada saat ada kata yang terpilih.
2)      Group Language
Berfungsi menerjemahkan suatu teks ke bahasa yang terdapat di dalamnya tersebut. Group ini terdiri dari satu bagain, yaitu translate untuk menerjemahkan teks.
3)      Group Comments
Berfungsi menyisipkan komentar atau catatan pada suatu sel. Group ini terdiri dari tujuh bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      New Comment digunakan untuk menambahkan komentar pada cell.
b)      Delete digunakan untuk menghapus komentar pada cell.
c)       Previous digunakan untuk melihat komentar sebelumnya.
d)      Next digunakan untuk melihat komentar selanjutnya.
e)      Show/Hiden Comment digunakan untuk menempilkan/menyembunyikan komentar.
f)       Show All Comment digunakan untuk menampilkan semua komentar.
g)      Show ink digunakan untuk menampilkan/menyembunyikan tinta catatan di lembar sebar.
4)      Group Changes
Berfungsi memproteksi atau melindungi data yang dibuat, baik dalam sheet maupun workbook. Group ini terdiri dari enam bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Protect Sheet digunakan untuk mengunci sheet.
b)      Protect Workbook digunakan untuk mengunci lembar sebar.
c)       Share Workbook digunakan untuk berbagi lembar sebar.
d)      Protect and show workbook digunakan untuk mengunci dan berbagi lembar sebar.
e)      All User to Edit Ranges digunakan untuk menyetujui pengguna untuk mengedit ranges.
f)       Track Change digunakan untuk menelusuri perubahan yang dilakukan terhadap file workbook yang dipakai bersama.
g.       Fungsi tab View
View merupakan jenis tab yang memiliki fungsi penataan tampilan pada lembar sebar dan tidak berpengaruh pada data yang ada. Di dalamnya terdapat sub group, yang letaknya berada di bawah deretan tabs.

Group ini terdiri dari lima perintah, yaitu sebagai berikut.
1)      Group Workbook Views
Berfungsi untuk mengatur tampilan dokumen. Group ini terdiri dari lima bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Normal digunakan untuk menampilkan lembar sebar dalam bentuk normal.
b)      Page Layout digunakan untuk menampilkan lembar sebar dalam bentuk lembaran kertas.
c)       Page Break Preview digunakan untuk menampilkan lembar sebar yang hanya berisi data saja.
d)      Custom Views digunakan untuk menampilkan lembar sebar sesuai keperluan kita.
e)      Full Screen digunakan untuk menampilkan lembar sebar dalam bentuk maximal (full).
2)      Group Show
Berfungsi untuk menampilkan/memunculkan garis dan judul halaman pada lembar sebar. Group ini terdiri dari empat bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Ruler digunakan untuk menampilkan/menyembunyikan penggaris.
b)      Gridlines digunakan untuk menampilkan/menyembunyikan garis bantu.
c)       Formula Bar digunakan untuk menampilkan/menyembunyikan formula bar.
d)      Headings digunakan untuk menampilkan/menyembunyikan kepala kolom dan baris.
3)      Group Zoom
Berfungsi untuk memperbesar/memperkecil lembar sebar. Group ini terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
a)      Zoom digunakan untuk memperbesar tampilan.
b)      100% digunakan untuk mengembalikan tampilan pada ukuran 100%.
c)       Zoom to Selction digunakan untuk melakukan Zoom pada cell yang terpilih.
4)      Group Window
Group ini berisi perintah-perintah yang digunakan untuk menggunakan jendela aktif.
a)      New Window digunakan untuk menampilkan lembar sebar pada jendela lainnya.
b)      Arrange All digunakan untuk menampilkan semua lembar sebar pada satu jendela.
c)       Freeze Panes digunakan untuk membatasi cell yang dizinkan untuk bergulung.
d)      Split untuk memecah tampilan jendela lembar sebar menjadi beberapa bagian yang dapat diatur besarnya.
e)      Hide untuk menyembunyikan jendela lembar sebar.
f)       Unhide digunakan untuk menampilkan kembali lembar sebar.
g)      View Side by Side digunakan untuk menampilkan dua lembar sebar secara berdampingan.
h)      Synchronous Scrolling digunakan untuk menyelaraskan penggulungan dua dokumen sehingga tergulung bersama-sama.
i)        Reset Windows Position digunakan untuk me-reset posisi jendela dokumen yang tampil secara side by side, sehingga keduanya tampil dengan tampilan yang sama pada layar.
j)        Save Workspace untuk menampilkan susunan semua jendela saat ini sebagai sebuah workspace untuk ditampilkan kembali di kemudian waktu.
k)      Switch windows untuk berpindah ke jendela Excel lainnya yang sedang terbuka.
5)      Group Macros
Group ini terdiri dari tiga bagian, yaitu View Macro, Record Macro, dan Use Relative References. 
2.      Pengaturan Konfigurasi Dasar Microsoft Excel
Perangkat lunak sistem operasi merupakan perangkat lunak yang mengatur seluruh kinerja dari perangkat-perangkat yang terdapat dalam komputer, termasuk Microsoft Excel 2010. Pengaturan tersebut diperlukan agar komputer dalam kinerjanya tidak mengalami konflik yang dapat meyebabkan kerusakan (error).
Terdapat beberapa konfigurasi dasar pada Microsoft Excel yang harus di perhatikan, sebagai berikut.
a.       Buka Options pada Microsoft Excel
Cara membuka Options dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu klik pada pojok kiri atas File Button selanjutnya pilih Help lalu klik Options, atau klik pada File Button, lalu langsung klik Options (di atas perintah Exit).

b.      Bentuk konfigurasi pada Microsoft Excel
Beberapa bagian konfigurasi yang bisa di atur adalah sebagai berikut.
1)      General
Pada tab General terdapat tiga opsi, yaitu sebagai berikut.
a)      User Interface options
Pada opsi ini terdapat pilihan warna tampilan Microsoft Excel dan tipe Screen Tip.
b)      When creating new workbooks
Pada opsi ini digunakan untuk mengatur font dan ukuran font sesuai keinginan, ketika membuat file baru maka font dan ukuran font yang sudah dipilih yang ditetapkan.
c)       Personalize your copy of Microsoft Office
Pada opsi ini dapat memasukkan nama pemilik komputer atau apa saja.

2)      Save
Pada tab Save terdapat empat opsi, yaitu sebagai berikut.
a)      Save Workbooks
Digunakan untuk mengatur fasilitas AutoRecover yang disimpan, dan posisi letak lokasi penyimpanannya.
b)      AutoRecover exceptions for
Berfungsi untuk disable fasilitas AutoRecover.
c)       Offline editing options for document management server files
Digunakan untuk pengaturan pengeditan offline untuk manajemen file server.
d)      Preserve visual appearance of the workbook
Berguna dalam memilih tampilan visual workbook.

3)      Advance
Secara default satuan ukuran margin pada Excel adalah inchi. Pengaturan ini akan membantu ketika mengatur ukuran kertas dan batas luar pencetakan. Terdapat beberapa operasi dasar pada Excel yang perlu dikuasai. Di antaranya adalah membuat, menyimpan, dan membuka workbook.
4)      Customize Ribbon dan Quick Access Toolbar
Pengaturan Customize Ribbon dan Quick Access Toolbar secara umum berada dalam posisi default atau bisa diatur sesuai keinginan.









0 komentar:

Posting Komentar

 

Martina Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design