Menggunakan Ribbon
Tab dan Tab Group pada Perangkat Lunak Pengolah Angka
A. Perangkat Lunak Pengolah Angka (Microsoft Excel)
1. Pengertian Perangkat Lunak Pengolah Angka (Microsoft Excel)
Perkembangan
Microsoft excel dari versi pertama
menuju versi selanjutnya mengalami perkembangan yang segnifikan. Microsoft
Excel versi 1.0 mampu dijalankan pada komputer IBM PC dengan Micro Processor
80486, dilanjutkan dengan Microsoft Excel versi 2.0. Microsoft Corporation
terus mengembangkan berbagai versi dari Microsoft Excel dengan mengalami
berbagai penyempurnaan, maka dirilislah versi Microsoft Excel 2003. Hingga
sekarang Microsoft Excel 2007 dan Excel 2020 bisa dijumpai dengan fitur-fitur
terbaru bahkan bisa terintegrasi dengan aflikasi Microsoft Office lainnya.
Excel biasa
identik dengan pengolahan angka, kalkulasi, membuat diagram,laporan dan semua
hal yang berkaitan dengan data yang berupa angka. Selain itu lembar sebar Excel
juga dapat menampilkan data dalam bentuk grafik dan gambar. Excel 2010 memiliki
tampilan antar muka berbeda dari versi-versi sebelumnya. Daftar perintah yang
biasa dikelompokkan dalam tab-tab tertentu dengan masing-masing kategori
memiliki tools yang dikelompokkan sesuai dengan kriterianya dan dapat
diakses dengan cepat dan mudah. Beberapa versi dari Excel yang berada di
Indonesia diantaranya versi ’97, 2000, XP, 2003, 2007 dan 2010.
Lembar sebar
Excel (spreadsheet) pada dasarnya berupa grid besar yang menata
data ke dalam baris dan kolom, namun Excel memiliki fitur yang lebih dari
sekedar pengganti buku Akuntansi dengan semua kalkulasi yang diinginkan. Data
didalam sebuah sheet diubah setiap saat, maka Excel dapat langsung
melakukan perubahan hasil tanpa harus mengubah struktur keseluruhan dari
penulisan spreadsheet.
Penggunaan Excel
yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya sebagai berikut.
a. Membuat grafik untuk
memperlihatkan presentasi suatu penjualan.
b. Menghitung rata-rata
atau nilai maksimum suatu data.
c. Manajemen suatu database.
d. Memperlihatkan jumlah
total suatu variabel.
2.
Mengaktifkan dan
Mengakhiri Excel 2010
Langkah pertama sebelum memulai program Excel,
yaitu mengecek apakah komputer sudah ter-install program Microsoft Excel
2010 atau belum. Setelah yakin bahwa Excel telah ter-install di dalam
komputer, selanjutnya dapat menggunakan software ini untuk berbagai
keperluan.
Berikut cara membuka dan menutup Microsoft Excel 2010.
a.
Cara mengaktifkan Microsoft Excel 2010
Cara mengaktifkan Microsoft Office Excel
dapat kita lakukan dengan beberapa cara di antaranya, adalah sebagai berikut.
1)
Melalui menu Start
Mengaktifkan program Excel dengan
menggunakan menu Start adalah memanfaatkan tombol Start yang terletak di pojok
kiri bawah. Langkah-langkah yang digunakan, adalah sebagai berikut.
A)
Klik menu Start, kemudian arahkan petunjuk mouse
pada pilihan All Program.
B)
Klik pada folder Microsoft Office dan klik
pada Microsoft Excel 2010.
2)
Menggunakan shortcut Microsoft Excel 2010
yang terdapat pada desktop.
Cara mengaktifkan Microsoft Excel 2010
menggunakan shortcut, cukup dengan double klik pada shortcut Microsoft
Excel 2010 yang ada pada desktop. Misalkan shortcut belum
terpasang di desktop, dapat dimunculkan dengan cara sebagai berikut.
a) Klik kanan pada ikon Microsoft
Excel.
b) Pilih menu pin to
taskbar atau pin to start menu.
c) Setelah itu double
klik pada ikon baru tersebut di desktop.
3)
Melalui file yang terdapat di Microsoft
Excel dengan ekstensi XLSX.
Setiap file Excel 2010 tersimpan
dengan ekstensi XLSX, masuklah ke dalam Windows Explorer dan carilah tempat keberadaan
file Excel yang pernah dibuat. Misalnya file Excel ada di My
Document, lalu klik dua kali pada file Excel yang akan dibuka.
b.
Cara mengakhiri Microsoft Excel 2010
Setelah selesai menggunakan Microsoft
Excel 2010, perlu menutup program aplikasi tersebut sebelum mematikan komputer.
Langkah untuk mengakhiri atau menutup jendela Microsoft Office Excel adalah
memilih dan klik File button – Exit atau klik tombol Close yang
berada di pojok kanan atas jendela Microsoft Office Excel, sehingga muncul
jendela seperti gambar berikut.
1)
Klik Don’t Save, jika tidak ingin menyimpan
perubahan yang telah dilakukan pada worksheet, atau Save utuk
menyimpan perubahan pada dokumen tersebut.
2)
Tunggu beberapa saat, hingga jendela Microsoft
Office Excel tertutup dan tidak tampil lagi.
3.
Elemen-Elemen
pada Microsoft Excel 2010
Pada saat
memulai Excel 2010, akan muncul sebuah lembar sebar kosong. Di lembar tersebut
user dapat menambahkan, mengubah, meminta, bahkan menemukan data/informasi
dalam file yang bersangkutan. Komponen-komponen terpenting Excel 2010,
yaitu jendela workbook, ribbon tabs, quick access toolbar, baris tab,
formula bar, font size, name box, spreadsheet area, scrool bar, tombol
navigasi, nama sheet, baris status, zoom, dan lain-lain.
Bagian-bagian dari layar pembuka Microsoft
Excel adalah sebagai berikut.
a.
Title Bar
Title bar menampilkan nama file atau nama lembar
sebar yang aktif. Title bar terletak di bagian atas tengah pada lembar
sebar Microsoft Excel 2010. Pada title bar ditampilkan ikon program di
sudut kanan, bila di klik kanan akan menampilkan menu popup control menu
dan tiga buah Control Command, yaitu minimize, maximize, restore,
dan close. Minimize digunakan untuk menyembunyikan program dan
menyimpan pada task bar dengan bentuk tombol (button). Maximize
digunakan untuk mengubah tampilan ukuran program satu layar monitor. Sedangkan,
close digunakan untuk menutup program aplikasi.
b.
Fille button
Tombol
berbentuk kotak dengan warna hijau dengan tulisan “File”. Tombol ini
digunakan untuk memanajemen berkas lembar sebar yang akan atau telah diproses
oleh Microsoft Excel. Dengan klik tombol tersebut, akan menemukan beberapa
tombol lain di dalamnya, seperti tombol utama Save, Save As, Open, dan Close.
Sedangkan, tombol tambahan berisi tentang Info, Recent, New, Print, Save
and Send, Help, Option dan Exit. Tombol File Button menggantikan
tombol Office Button yang semula pada Microsoft Excel 2007.
c.
Ikon
Ikon merupakan kotak yang berisi
tombol-tombol untuk mempercepat proses pekerjaan yang saat menggunakan program
pengolah angka. Tombol-tombol tersebut juga bisa disebut shortcut
sebagai perintah cepat dari sebuah pilihan menu.
d.
Tab worksheet
Tab worksheet digunakan untuk
menyimpan multi sheet pada satu lembar sebar. Dapat dengan cepat berpindah dari
satu sheet ke sheet lain dengan klik pada tab worksheet. Nama
sheet dapat diganti sesuai dengan kebutuhan. Excel menyediakan tiga lembar
sebar (worksheet).
e.
Ribbon tabs
Ribbon
tabs Excel 2010 berbeda dengan
versi-versi sebelumnya yang berisi intruksi-intruksi mengubah posisi jendela.
Dalam Excel 2010, isi perintah-perintah ribbon tabs muncul saat ribbon
tabs tersebut diklik.
1) Save
Ikon Save merupakan perintah untuk
menyimpan file lembar sebar Excel 2010 yang baru dibuat atau di edit,
yang sebelumnya pernah atau belum pernah tersimpan di dalam hardisk,
CD/DVDROM, USB flashdisk, disket, atau media simpan lainnya.
2) Save As
Perintah Save As memiliki fungsi
yang sedikit berbeda dengan perintah Save. Perintah Save As dilengkapi
dengan fasilitas-fasilitas untuk memindahkan drive, membuat folder,
membuat nama file baru, maupun ekstensi dari file yang
bersangkutan.
3) Open
Ikon Open merupakan perintah untuk
membuka lembar sebar Excel 2010 yang telah tersimpan dalam hardisk,
CD/DVDROM, USB flashdisk, disket, atau media simpan lainnya.
4) Close
Ikon Close digunakan untuk menutup
segala aktivitas penggunaan lembar sebar.
5) New
New merupakan perintah untuk menampilkan lembar sebar
kosong atau penulisan lembar sebar baru. Cara memulai pekerjaan pada Microsoft
Excel 2010 dapat dilakukan dengan klik pada icon New atau menggunakan
tombol kombinasi CTRL + N untuk membuat workbook baru. Setelah memilih File
button, dilanjutkan dengan memilih blank document dan klik create
pada tampilan menu tersebut.
f.
Quick access toolbar
Quick access toolbar dilambangkan berupa huruf X warna hijau
yang terletak dipojok kiri atas atau tepatnya disebelah kanan File button.
Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk ikon gambar yang masing-masing
mewakili perintah tertentu dan berbeda perintah antara tombol satu dengan
tombol lainnya, diantaranya sebagai berikut.
1)
Restore
Berfungsi mengembalikan jendela Excel 2010
pada ukuran semula.
2)
Move
Berfungsi untuk menggeser tampilan lembar
sebar.
3)
Size
Berfungsi untuk mengatur ukuran tampilan
lembar sebar.
4)
Minimize
Berfungsi untuk menutup sementara Excel,
jendela ditutup dan di kirim ke taskbar menjadi sebuah icon. Cara
membuka kembali klik pada icon di taskbar.
5)
Maximize
Berfungsi mengubah ukuran jendela Excel
2010 menjadi ukuran yang selebar layar monitor.
6)
Close (Alt + F4)
Berfungsi untuk menutup jendela Excel
2010.
g.
Barisan tab
Penampilan pada lingkungan kerja Excel
2010 sangat berbeda dengan Microsoft Excel versi sebelumnya. Perbedaan tersebut
terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah
menjadi baris judul tab/baris tab. Pada setiap tab terdiri
atas kumpulan ribbon tabs dan ribbon group.
h.
Formula bar
Formula bar merupakan tempat untuk
menuliskan rumus (fungsi). Penulisan formula cell selalu diawali dengan tanda
(=)
i.
Name box
Name box merupakan bagian Excel
yang berisi alamat suatu sel.
j.
Coloumns dan rows
Coloumns (kolom) merupakan baris lajur yang berisi abjad A
sampai XFD (16,384 kolom). Sedangkan rows (baris) berisi angka 1 –
1,048,576 baris.
k.
Tombol sheet
Tombol navigasi sheet identik dengan
tombol untuk berpindah dari satu sheet ke sheet yang lain.
l.
Scroll bar
Scroll bar merupakan baris penggulung yang dibedakan menjadi
dua, yaitu vertical scroll bar untuk menggulung lembar sebar ke atas
atau ke bawah serta horizontal scroll bar untuk menggulung layar ke kiri
dan ke kanan.
m.
Baris status
Baris status berisi keterangan menunjukan
lembar sebar yang aktif digunakan. Pada status bar terdapat group tombol yang
digunakan untuk mengatur tampilan naskah selain itu juga dibubuhi sebuah slider
yang diapit oleh dua tombol “-“ dan “+” yang digunakan untuk perbesaran
tampilan (zoom) dari lembar sebar (worksheet).
n.
Zoom slider
Zoom slider merupakan tombol untuk mengatur penampilan layar,
mengecilkan, dan membesarkan lembar sebar dalam layar.
B.
Fungsi Ribbon
Tabs dan Ribbon Group Pada Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel
adalah program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan
angka. Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan
utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Program Microsoft Excel
pada umumnya digunakan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan tabel,
angka-angka dan grafik. Microsoft Excel 2010 memiliki jenis-jenis tab yang
dapat digunakan untuk membantu pekerjaan secara cepat. Tab-tab tersebut
meliputi Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View.
Perubahan-perubahan oleh fitur dan tampilannya yang semakin baik dan sangat
mudah digunakan dibandingkan Microsoft Excel 2007.
1.
Kategori Ribbon dan Tab
Microsoft Office
Excel 2010 mengenal istilah Ribbon dalam menampilkan menu di bagian atas
jendela aplikasi tersebut. Ribbon (pita) merupakan kontrol baru untuk
mengganti penggunaan menu dan toolbar pada Excel versi terdahulu yang
menyerupai pita yang terpasang dari kiri ke kanan seperti pita mesin tik atau printer
dot matrix. Ribbon merupakan standar baru dari Microsoft dalam
menampilkan menu perintah. Sejak tahun 2009 yang lalu Microsoft Corporation
telah menampilkan “wajah” Ribbon sebagai area menampilkan menu.
Ribbon berfungsi untuk menampilkan group
yang terdapat di setiap tab yang sedang aktif. Sedangkan group terdiri
dari kumpulan ikon yang memiliki kesamaan fungsi.
a.
Fungsi tab Home
Halaman pada ribbon ini berisi
tombol-tombol untuk melakukan pengeditan terhadap lembar sebar yang sedang
dikerjakan. Supaya dapat mengakses halaman ribbon Home dengan klik pada tab
Home atau menggunakan tombol kombinasi Alt + H. Tombol Alt akan menampilkan
kotak-kotak kecil bertuliskan huruf akses cepat bagi setiap perintah pada tab
home. Tekan tombol Alt kembali untuk menonaktifkan huruf akses.
Adapun perintah yang terdapat di tab home
terdiri dari 7 group perintah, yaitu sebagai berikut.
1)
Group Clipboard
Group clipboard berfungsi untuk menampung
atau menyimpan data sementara hasil penandaan pada perintah copy atau cut.
Dalam sub menu ini, terdapat perintah-perintah dalam bentuk icon
(tombol).
a)
Cut (CTRL + X) digunakan untuk memindahkan data atau objek terpilih ke daerah lain dengan
bantuan perintah Paste.
b)
Copy (CTRL + C) digunakan untuk menyalin data tertentu yang diakhiri dengan
perintah Paste.
c)
Paste (CTRL + V) merupakan menu ikon yang digunakan untuk menempelkan objek atau
teks yang telah di-cut atau di-copy.
d)
Format Painter digunakan untuk
meniru suatu pemformatan dan menerapkannya ke dalam data terpilih lain.
Pemformatan yang dimaksud meliputi jenis huruf, ukuran huruf, bold, italic,
warna huruf, bahkan warna latar suatu sel.
2)
Group Font
Perintah-perintah di group Font
digunakan untuk pemformatan seputar huruf atau karakter data dan cell.
Menu perintah di group ini terdapat 10 perintah, yaitu sebagai berikut.
a)
Font digunakan untuk mengubah jenis huruf dari data yang terseleksi.
b)
Font Size digunakan untuk mengatur ukuran huruf atau
karakter dari data terpilih.
c)
Increase Font digunakan untuk memperbesar ukuran huruf secara
bertahap.
d)
Decreaase Font digunakan untuk memperkecil ukuran huruf secara
bertahap.
e)
Bold (CTRL + B) berguna untuk menebalkan huruf atau karakter.
f)
Italic (CTRL + I) digunkan untuk memiringkan data terpilih.
g)
Underline (CTRL + U) digunakan untuk memberi tanda garis
bawah pada setiap data terpilih.
h)
Border digunakan untuk mengatur garis tepi dari cell terpilih.
i)
Fill Color digunakan untuk mengatur warna shading
data dalam cell terpilih.
j)
Font Color digunakan untuk mengatur warna huruf.
3)
Group Alignment
Perintah di group Alignment
digunakan untuk mengatur format paragraf data cell. Perintah-perintaah
yang terdapat di group ini ada 12 perintah yaitu sebagai berikut.
a)
Top Align digunakan untuk menjadikan data cell
menepi ke bagian atas cell. Aktifkan cell yang diinginkan. klik
perintah tersebut, maka data dalam cell akan menepi ke bagian atas cell.
b)
Middle Align digunakan untuk menjadikan teks berada di tengah-atas
cell.
c)
Bottom Align digunakan untuk menjadikan teks menepi ke bagian
bawah cell.
d)
Orientations digunakan untuk mengatur arah dan posisi data
dalam cell. Dengan menu ini user bisa menjadikan baris teks vertikal,
horizontal, dan sebagainya.
e)
Text Directions digunakan untuk mengatur arah teks, yang dibagi
menjadi perintah Left-to-Right untuk format Latin, Right-to-Left
untuk format Arab, dan perintah Context mengikuti bahasa penulisan yang
digunakan.
f)
Align Text Left digunakan untuk menjadikan teks rata kiri.
g)
Center digunakan untuk menjadikan teks rata tengah.
h)
Align Text Right digunakan untuk menjadikan teks rata kanan.
i)
Decrease Indent digunakan untuk menarik batas kiri teks ke sebelah
kiri.
j)
Increase Indent digunakan
untuk menarik batas kiri teks ke sebelah kanan.
k)
Wrap Text digunakan untuk mengatur distribusi teks.
l)
Merge and Center digunakan untuk menggabung beberapa cell terpilih
dan meletakan teks di dalamnya dibagian
tengah cell.
4)
Group Number
Semua perintah yang terdapat di group
Number digunakan untuk mengatur data nomor dalam suatu cell. Group
Number terdiri dari 6 perintah, yaitu sebagai berikut.
a)
Number Format digunakan untuk mengatur format tertentu pada
data jenis numerik yang terdapat dalam cell. Misalnya numerik dan Percentage
untuk format persentase.
b)
Accounting digunakan untuk mengatur format harga sesuai
dengan spesifikasi mata uang, misalnya Rp (untuk rupiah).
c)
Percent
Style digunakan untuk memformat suatu data numerik dengan gaya persentase.
Nilai persentase akan muncul secara otomatis pada cell yang telah diformat.
d)
Comma Style digunakan untuk menampilkan angka desimal sebagai
angka bulat.
e)
Increase Decimal digunakan untuk menambah jumlah digit setelah
koma dalam bilangan angka desimal. Misal, 1200; 1200,0; 1200,00; dan
seterusnya.
f)
Decrease Decimal digunakan untuk mengurangi jumlah digit setelah
koma dalam bilangan angka desimal. Ini berfungsi kebalikan dari increase
decimal.
5)
Group Styles
Perintah-perintah di group Styles
digunakan untuk pemformatan cell. Dalam group ini terdapat tiga
menu utama, yaitu sebagai berikut.
a)
Conditional Formatting digunakan untuk memformat cell sebagai
diagram dari data yang terdapat di dalam cell tersebut.
b)
Format as Table digunakan untuk memformat cell sebagai
tabel dengan segala tema dan warna, namun tetap memberikan kesan estetika formal.
c)
Cell Styles berfungsi untuk memformat suatu cell
sesuai dengan kondisi dan klasifikasinya.
6)
Group Cells
Menu perintah di group Cells ini
digunakan untuk melakukan properti seputar cell yang terdapat di lembar
sebar Excel. Dalam group ini terdapat tiga perintah, yaitu sebagai
berikut.
a)
Insert, digunakan untuk menyisipkan kolom atau baris cell di tengah-tengah
cell yang sudah terisi data.
b)
Delete, digunakan untuk menghapus baris cell maupun kolom aktif.
c)
Format, digunakan untuk melakukan properti seputar cell dan kolom yang
sedang terpilih.
7)
Group Editing
Menu perintah group Editing
digunakan untuk melakukan editing di lembar sebar Excel. Dalam group ini
terdapat lima perintah, yaitu sebagai berikut.
a)
AutoSum digunakan untuk menjumlahkan data dalam suatu range cell yang telah
ditentukan.
b)
Fill digunakan untuk membuat deret data dalam suatu range, menyalin, isi
data suatu cell atau range.
c)
Clear digunakan untuk menghapus data dalam cell atau range yang
dipilih, seperti isi, format, dan komentar cell.
d)
Sort and Filter digunakan untuk mengurutkan data dari yang
terkecil hingga terbesar, begitu juga sebaliknya.
e)
Find and Select digunakan untuk mencari dan mengganti data secara
otomatis.
b.
Fungsi tab Insert
Secara umum, perintah-perintah yang
terdapat di tab Insert digunakan untuk keperluan sisipan objek serta
pengaturannya ke dalam lembar sebar Microsoft Excel karena tidak selalu
terfokus pada masalah perhitungan aritmatika dan statistika. Tab ini
digunakan untuk memasukkan intruksi-intruksi ke dalam lembar sebar seperti
memasukkan gambar (clip art) agar tampilan pada lembar sebar menjadi
menarik, model-model grafik (chart), membuat link (hyperlink),
memasukkan simbol dan lain-lain.
Adapun perintah yang terdapat di tab Insert
terdiri dari 8 group perintah.
1)
Group Tables
Perintah di group Tables digunakan
untuk menyisipkan objek abulasi maupun pivot.
a)
Pivot Table dan Pivot Chart
Pivot Table digunakan untuk menyisipkan lembar sebar baru
yang berisi ringkasan dari kolom dan baris dari lembar sebar aktif. Sedangkan Pivot
Chart digunakan untuk menyisipkan lembar sebar baru dalam bentuk diagram
atau indeks berdasarkan lembar sebar aktif.
b)
Table
Perintah Table digunakan untuk
menyisipkan tabulasi dari data terpilih sehingga data tersebut menjadi lebih
mudah untuk disortir atau disaring dengan menggunakan kriteria tertentu.
Seperti pada umumnya, data yang terdapat dalam cell standar mungkin
sulit untuk disortir dengan sisitem (A-Z) atau sebaliknya.
2)
Group Illustrations
Group Illustrations berisi sekumpulan perintah yang digunakan
untuk menyisipkan berbagai objek ilustrasi atau gambaran ke dalam suatu lembar
sebar.
a)
Picture
Digunakan untuk menyisipkan objek gambar
ke dalam lembar sebar aktif. Misalnya membubuhkan foto atau gambar yang mungkin
sebagai ilustarsi atau sebagai elemen pemanis agar tampilan suatu lembar sebar
lebih menarik.
b)
Clip Art
Digunakan untuk menyisipkan gambar
sederhana yang lebih mirip dengan gambar vektor yang digunakan sebagi ilustrasi
ke dalam suatu lembar sebar.
c)
Shapes
Digunakan untuk menyisipkan objek geometris,
seperti segi tiga, segi empat, dan lain-lain, ke dalam lembar sebar yang sedang
diaktifkan.
d)
SmartArt
Digunakan untuk menyisipkan objek dengan
sistem yang lebih mengarah pada sistem hierarkis, dimana bentuk yang tersedia
kebanyakan sudah memiliki bentuk dan memiliki bagian dibawahnya atau
disebelahnya.
e)
Screenshot
Digunakan untuk menyisipkan objek gambar
dengan terlebih dahulu menangkap area tertentu di layar monitor.
3)
Group Chart
Digunakan untuk menyisipkan grafik dalam
berbagai bentuk ke dalam data dokumen. Group ini terdiri dari tujuh
bagian, yaitu sebagai berikut.
a)
Column digunakan untuk memasukan/menambahkan grafik berbentuk kolom.
b)
Line digunakan untuk memasukkan/menambahkan grafik berbentuk garis.
c)
Pie digunakan untuk memasukkan/menambahkan grafik berbentuk pie (lingkaran
garis).
d)
Bar digunakan untuk memasukkan/menambahkan grafik berbentuk batang.
e)
Area digunakan untuk memasukkan/menambahkan grafik berbentuk area.
f)
Scatter digunakan untuk memasukkan/menambahkan grafik berbentuk hamburan.
g)
Other Charts digunakan untuk memasukkan/menambahkan grafik berbentuk
lainnya.
4)
Group Sparkline
Fungsinya berhubungan dengan analisa data,
agar dengan cepat mengetahui trend pergerakan data yang dimilikinya
dengan sekali lihat. Group ini terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai
berikut.
a)
Line berfungsi menyisipkan grafik garis pada cell tungggal.
b)
Column berfungsi menyisipkan grafik kolom pada cell tunggal.
c)
Win/loss berfungsi menghilangkan/menampilkan data yang bersangkutan.
5)
Group Filter
Perintah untuk menyaring data. Group ini
terdiri dari satu bagian, yaitu slicer untuk memasukkan alat pengiris
untuk menyaring Pivot Tables dan fungsi kubus.
6)
Group Links
Membuat hyperlink, misalnya
menghubungkan data dengan web atau program tertentu. Group ini
terdiri dari satu bagian, yaitu Hyperlink untuk mengarahkan ke alamat
tujuan.
7)
Group Text
Menyisipkan kotak teks, header and
footer, WordArt, dan tanda tangan objek. Group ini terdiri
dari lima bagian, yaitu sebagai berikut.
a)
Text Box digunakan untuk memasukkan/menambahkan kotak teks.
b)
Header and Footer digunakan untuk memasukkan/menambahkan kepala
halaman dan kaki halaman.
c)
WordArt digunkan untuk memasukkan/menambahkan tulisan indah.
d)
Signature Line digunakan untuk memberi tanda tangan digital.
e)
Object digunakan untuk memasukkan/menambahkan file lain.
8)
Group Symbol
Membuat dan menyisipkan rumus matematika
dan simbol. Group ini terdiri dari dua bagian, yaitu Equation
untuk memasukkan/ menambahkan simbol-simbol yang terdapat dalam rumus
matematika serta simbol yang digunakan untuk memasukkan/ menambahkan simbol.
c.
Fungsi tab Page Layout
Page layout merupakan menu yang berguna untuk mengatur
halaman, baik itu tampilan yang ada di monitor maupun hasil cetaknya (print
out). Di dalamnya terdapat sub group, yang letaknya berada di bawah
deretan tabs.
Group ini terdiri dari lima bagian, yaitu sebagai
berikut.
1)
Group Themes
Berfungsi mengatur atau mengubah desain
dokumen yang sedang dikerjakan seperti warna, jenis huruf, dan efek sehingga
tampilan dokumen lebih menarik. Group ini terdiri dari empat bagian, yaitu
sebagai berikut.
a)
Themes digunakan untuk merubah tampilan (tema).
b)
Colors digunakan untuk mengubah warna tampilan (tema).
c)
Fonts digunakan untuk merubah font tampilan (tema).
d)
Effects digunakan untuk mengubah/memberi effects tampilan (tema).
2)
Group Page Setup
Berfungsi melakukan pengaturan halaman
dalam ukuran kertas, margin halaman, pengaturan kolom teks, dan lain-lain. Group
ini terdiri dari tujuh bagian, yaitu sebagai berikut.
a)
Margins digunakan untuk memberi lebar batas kertas.
b)
Orientation digunakan untuk merubah posisi kertas, portrait
(berdiri) ataupun landscape (tidur).
c)
Size digunkan untuk merubah ukuran kertas.
d)
Print area digunakan untuk menentukan luas area yang akan di
print dalam satu halaman.
e)
Breaks digunakan untuk memutuskan/mengosongkan halaman bawah, sehingga berada di
halaman berikutnya.
f)
Background digunakan untuk memberi background pada
lembar sebar (sheet).
g)
Print tiles digunakan untuk menentukan baris yang di print
berulang-ulang.
3)
Group Scale to Fit
Berfungsi untuk mengatur lebar dan tinggi
dokumen agar sesuai dengan ukuran kertas, serta menentukan ukuran presentase
besar ukuran dokumen saat dicetak. Group ini terdiri dari tiga bagian,
yaitu sebagai berikut.
a)
Widht digunakan untuk menentukan skala lembar sebar pada hasil print-out
(berdasarkan lebarnya).
b)
Height digunakan untuk menentukan skala lembar sebar pada hasil print-out (berdasarkan
tingginya).
c)
Scale digunakan untuk menentukan skala lembar sebar pada hasil print-out.
4)
Sheet Options
Berfungsi menampilkan garis kisi-kisi sel,
antara row, dan column, serta menampilkan heading pada row
dan column tersebut. Group ini terdiri dari dua bagian, yaitu Gridlines
digunakan untuk menentukan apakah garis padu pada lembar sebar akan
ditampilkan/ di-print serta Headings yang digunakan untuk
menentukan apakah kepala kolom pada lembar sebar akan ditampilkan/di-print.
5)
Group Arrange
Berfungsi mengatur atau mengubah posisi
gambar dalam suatu paragraf atau dalam satu halaman dokumen. Group ini
terdiri dari enam bagian, yaitu sebagai berikut.
a)
Bring to Front digunakan untuk meletakkan objek pada posisi
paling depan.
b)
Send to Back digunakan untuk meletakkan objek pada posisi
paling belakang.
c)
Selection pane digunakan untuk menampilkan kotak dialog Selection
Pane.
d)
Align digunakan untuk menata align antar objek.
e)
Group digunakan untuk menjadikan beberapa objek menjadi satu group.
f)
Rotate digunakan untuk memutar objek.
d.
Fungsi tab Formulas
Formulas merupakan menu di mana di dalamnya terdapat
fasilitas-fasilitas yang mendukung penggunaan formula (rumus). Di dalamnya
terdapat sub-sub group yang letaknya berada di bawah deretan tabs.
Group ini terdiri dari empat bagian, yaitu sebagai
berikut.
1)
Group Function Library
Berfungsi membuat fungsi keuangan,
matematika, logis, waktu, dan kelompok fungsi lainnya pada formula bar
atau pada cell yang aktif. Group ini terdiri dari 9 bagian, yaitu sebagai berikut.
a)
AutoSum digunakan untuk mengolah data yang berkaitan dengan angka secara otomatis.
b)
Recently Used digunakan untuk formula yang baru saja digunakan.
c)
Financial berisi kumpulan formula yang berkaitan dengan
keuangan.
d)
Logical berisi kumpulan formula yang berkaitan dengan logika/analisa.
e)
Text berisi kumpulan formula yang berkaitan dengan teks.
f)
Date dan Time berisi kumpulan formula yang berkaitan dengan
data dan referensi.
g)
Lookup dan Reference digunakan untuk berisi kumpulan formula yang
berkaitan dengan data dan referensi.
h)
Math and Trig berisi kumpulan formula yang berkaitan dengan
ilmu pasti dan trigonometri.
i)
More Functions berisi kumpulan formula-formula yang lainnya.
2)
Group Defined Names
Berfungsi mendefinisikan nama cell
maupun range, atau membuat sistem penamaan pada cell atau range yang kita
inginkan. Group ini terdiri dari empat bagian, yaitu sebagai berikut.
a)
Name Manager digunakan untuk mengatur/merubah/memperbaiki
sebuah cell atau range.
b)
Define Name digunakan untuk memperbaiki/merubah nama sebuah cell
atau range.
c)
Use in Formula digunakan untuk mengetahui nama sebuah cell
atau range yang digunakan dalam formula.
d)
Create from Selection digunakan untuk membuat nama sebuah cell
atau range secara otomatis, berdasarkan range yang dipilih.
3)
Group Formula Auditing
Berfungsi menampilkan tanda panah yang
mengarah ke satu cell hasil perhitungan suatu rumus atau fungsi dari
kelompok cell tertentu. Group ini terdiri dari tujuh bagian, yaitu
sebagai berikut.
a)
Trace Precedents untuk menampilkan anak panah yang berhubungan
dengan cell-cell yang terkait dengan sebuah cell yang berisi formula.
b)
Trace Depedents untuk menampilkan anak panah yang berhubungan
dengan cell-cell yang terkait dengan sebuah cell yang berisi formula.
c)
Remove Arrows untuk menghilangkan efek anak panah dari Trace
Precedents dan Trace Depedents.
d)
Remove Arrows untuk menghilangkan efek anak panah dari Trace
Precedents dan Trace Depedents.
e)
Error Checking untuk mengecek formula yang error.
f)
Evaluate Formula digunakan untuk mengevaluasi formula.
g)
Watch Window digunakan untuk menampilkan jendela dalam untuk
memonitor atau mengamati beberapa cell sekaligus, meskipun sedang
bekerja pada lembar sebar atau buku kerja yang berbeda.
4)
Group Calculation
Berfungsi untuk melakukan perhitungan
terhadap serangkaian data dalam suatu range atau sheet dalam
workbook yang aktif. Group ini terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai
berikut.
a)
Calculation Options digunakan untuk memilih formula yang akan
dikalkulasi atau dihitung.
b)
Calculate Now digunakan untuk mengalkulasi atau menghitung
serangkaian data pada workbook yang sedang dikerjakan.
c)
Calculate Sheet digunakan untuk mengalkulasi atau menghitung
serangkaian data pada sheet yang sedang dikerjakan.
e.
Fungsi tab Data
Data merupakan jenis tab yang memiliki
fungsi penataan tampilan pada lembar sebar. Menu ini tidak berpengaruh pada
data yang ada. Di dalamnya terdapat sub group, yang letaknya berada di
bawah deretan tabs.
Group ini terdiri dari lima perintah, yaitu sebagai
berikut.
1)
Group Get Eternal Data
Untuk mengambil data dari sumber lain tau
program aplikasi lain dan ditempatkan pada lembar sebar yang sedang aktif. Group
ini terdiri dari lima bagian, yaitu sebagai berikut.
a)
From Access digunakan untuk mengimpor data (data base)
dari Microsoft Access.
b)
From Web digunakan untuk mengimpor data (data base) dari halaman website.
c)
From Text digunakan untuk mengimpor data (data base)
dari file teks.
d)
From Other Sources digunakan untuk mengimpor data (data base)
dari sumber lain.
e)
Existing Connections digunakan untuk menyambungkan data dari luar
Excel yang sedang digunakan.
2)
Group Connections
Berfungsi memperbaharui hubungan data
antar-workbook sehingga data yang sudah dikoneksi terlebih dahulu akan
selalu update jika data dari sumber lain tersebut diperbaharui. Group
ini terdiri dari empat bagian, yaitu sebagai berikut.
a)
Refresh All untuk menyegarkan data (meng-update) data
yang sedang terhubung dengan lembar sebar Excel.
b)
Connections untuk menampilkan kotak dialog yang sedang
terhubung dengan lembar sebar.
c)
Properties untuk mengatur (memanajemen) spesifikasi data
yang sedang terhubung dengan lembar sebar Excel.
d)
Edit Link untuk menampilkan seluruh data yang terhubung dan
mengedit.
3)
Group Sort dan Filter
Berfungsi mengurutkan data dari nilai
terkecil hingga terbesar, begitu juga sebaliknya dari data yang terkecil. Group
ini terdiri dari lima bagian, yaitu sebagai berikut.
a)
Sort digunakan untuk menampilkan kotak dialog sort, yang selanjutnya
bisa mengurutkan data sesuai dengan kriteria yang ditentukan.
b)
Filter digunakan untuk mengaktifkan filter data (mengurutkan data) sesuai dengan
kriteria.
c)
Clear digunakan untuk memberikan /menonaktifkan filter data dan sort
data.
d)
Reapply digunakan untuk mengaplikasikan kembali filter atau sort
terhadap cell atau range.
e)
Advanced digunakan untuk menata sort/filter secara lebih detail lagi.
4)
Group Data Tools
Berfungsi melakukan validasi data yang
sedang dikerjakan. Group ini terdiri dari lima bagian, yaitu sebagai
berikut.
a)
Text to Columns digunakan untuk merubah teks (kalimat) menjadi
per kolom.
b)
Remove Duplicates digunakan untuk menghapus baris yang ganda.
c)
Data Validation digunakan untuk mencegah data yang tidak valid
dari data yang dimasukkan ke dalam cell.
d)
Consolidate digunakan untuk menggabungkan beberapa data
menjadi satu cell.
e)
What-if Analisys digunakan untuk menganalisis atau mencoba beragam
nilai untuk formula yang terdapat dalam sheet.
5)
Group Outline
Berfungsi membuat outline pada
data. Group ini terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
a)
Group untuk membuat beberapa baris menjadi sebuah group.
b)
Ungroup untuk mengembalikan beberapa baris agar tidak menjadi sebuah group.
c)
Subtotal untuk melakukan perhitungan berdasarkan kategori
item.
f.
Fungsi tab Review
Review merupakan salah satu media dalam penyedia informasi.
Di dalamnya terdapat sub group, yang letaknya berada di bawah deretan tabs.
Group ini terdiri dari empat perintah, yaitu sebagai
berikut.
1)
Proofing
Berfungsi untuk mengontrol spelling atau
ejaan dalam data, mencari data dari berbagai sumber data, mencari arti kata
dalam kamus. Group ini terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
a)
Spelling digunakan untuk mengecek ketepatan ejaan teks.
b)
Research digunakan untuk menampilkan kotak dialog kamus/reverensi.
c)
Thesaurus digunakan untuk menampilkan pilihan teks pada saat ada kata yang
terpilih.
2)
Group Language
Berfungsi menerjemahkan suatu teks ke
bahasa yang terdapat di dalamnya tersebut. Group ini terdiri dari satu
bagain, yaitu translate untuk menerjemahkan teks.
3)
Group Comments
Berfungsi menyisipkan komentar atau
catatan pada suatu sel. Group ini terdiri dari tujuh bagian, yaitu
sebagai berikut.
a)
New Comment digunakan untuk menambahkan komentar pada cell.
b)
Delete digunakan untuk menghapus komentar pada cell.
c)
Previous digunakan untuk melihat komentar sebelumnya.
d)
Next digunakan untuk melihat komentar selanjutnya.
e)
Show/Hiden Comment digunakan untuk
menempilkan/menyembunyikan komentar.
f)
Show All Comment digunakan untuk menampilkan semua komentar.
g)
Show ink digunakan untuk menampilkan/menyembunyikan tinta catatan di lembar sebar.
4)
Group Changes
Berfungsi memproteksi atau melindungi data
yang dibuat, baik dalam sheet maupun workbook. Group ini terdiri
dari enam bagian, yaitu sebagai berikut.
a)
Protect Sheet digunakan untuk mengunci sheet.
b)
Protect Workbook digunakan untuk mengunci lembar sebar.
c)
Share Workbook digunakan untuk berbagi lembar sebar.
d)
Protect and show workbook digunakan untuk mengunci dan berbagi lembar
sebar.
e)
All User to Edit Ranges digunakan untuk menyetujui pengguna untuk
mengedit ranges.
f)
Track Change digunakan untuk menelusuri perubahan yang
dilakukan terhadap file workbook yang dipakai bersama.
g.
Fungsi tab View
View merupakan jenis tab yang memiliki fungsi
penataan tampilan pada lembar sebar dan tidak berpengaruh pada data yang ada.
Di dalamnya terdapat sub group, yang letaknya berada di bawah deretan tabs.
Group ini terdiri dari lima perintah, yaitu sebagai
berikut.
1)
Group Workbook Views
Berfungsi untuk mengatur tampilan dokumen.
Group ini terdiri dari lima bagian, yaitu sebagai berikut.
a)
Normal digunakan untuk menampilkan lembar sebar dalam bentuk normal.
b)
Page Layout digunakan untuk menampilkan lembar sebar dalam
bentuk lembaran kertas.
c)
Page Break Preview digunakan untuk menampilkan lembar sebar yang
hanya berisi data saja.
d)
Custom Views digunakan untuk menampilkan lembar sebar sesuai
keperluan kita.
e)
Full Screen digunakan untuk menampilkan lembar sebar dalam
bentuk maximal (full).
2)
Group Show
Berfungsi untuk menampilkan/memunculkan garis
dan judul halaman pada lembar sebar. Group ini terdiri dari empat
bagian, yaitu sebagai berikut.
a)
Ruler digunakan untuk menampilkan/menyembunyikan penggaris.
b)
Gridlines digunakan untuk menampilkan/menyembunyikan garis
bantu.
c)
Formula Bar digunakan untuk menampilkan/menyembunyikan
formula bar.
d)
Headings digunakan untuk menampilkan/menyembunyikan kepala kolom dan baris.
3)
Group Zoom
Berfungsi untuk memperbesar/memperkecil
lembar sebar. Group ini terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
a)
Zoom digunakan untuk memperbesar tampilan.
b)
100% digunakan untuk mengembalikan tampilan pada
ukuran 100%.
c)
Zoom to Selction digunakan untuk melakukan Zoom pada cell
yang terpilih.
4)
Group Window
Group ini berisi perintah-perintah yang digunakan untuk
menggunakan jendela aktif.
a)
New Window digunakan untuk menampilkan lembar sebar pada
jendela lainnya.
b)
Arrange All digunakan untuk menampilkan semua lembar sebar
pada satu jendela.
c)
Freeze Panes digunakan untuk membatasi cell yang dizinkan
untuk bergulung.
d)
Split untuk memecah tampilan jendela lembar sebar menjadi beberapa bagian yang
dapat diatur besarnya.
e)
Hide untuk menyembunyikan jendela lembar sebar.
f)
Unhide digunakan untuk menampilkan kembali lembar sebar.
g)
View Side by Side digunakan untuk menampilkan dua lembar sebar
secara berdampingan.
h)
Synchronous Scrolling digunakan untuk menyelaraskan penggulungan dua
dokumen sehingga tergulung bersama-sama.
i)
Reset Windows Position digunakan untuk me-reset posisi jendela
dokumen yang tampil secara side by side, sehingga keduanya tampil dengan
tampilan yang sama pada layar.
j)
Save Workspace untuk menampilkan susunan semua jendela saat ini
sebagai sebuah workspace untuk ditampilkan kembali di kemudian waktu.
k)
Switch windows untuk berpindah ke jendela Excel lainnya yang
sedang terbuka.
5)
Group Macros
Group ini terdiri dari tiga bagian, yaitu View
Macro, Record Macro, dan Use Relative References.
2.
Pengaturan
Konfigurasi Dasar Microsoft Excel
Perangkat lunak
sistem operasi merupakan perangkat lunak yang mengatur seluruh kinerja dari
perangkat-perangkat yang terdapat dalam komputer, termasuk Microsoft Excel
2010. Pengaturan tersebut diperlukan agar komputer dalam kinerjanya tidak
mengalami konflik yang dapat meyebabkan kerusakan (error).
Terdapat beberapa konfigurasi dasar pada
Microsoft Excel yang harus di perhatikan, sebagai berikut.
a. Buka Options pada
Microsoft Excel
Cara membuka Options dapat
dilakukan dengan dua cara, yaitu klik pada pojok kiri atas File Button
selanjutnya pilih Help lalu klik Options, atau klik pada File
Button, lalu langsung klik Options (di atas perintah Exit).
b. Bentuk konfigurasi
pada Microsoft Excel
Beberapa bagian konfigurasi yang bisa di
atur adalah sebagai berikut.
1) General
Pada tab General terdapat tiga
opsi, yaitu sebagai berikut.
a) User Interface
options
Pada opsi ini terdapat pilihan warna
tampilan Microsoft Excel dan tipe Screen Tip.
b) When creating new
workbooks
Pada opsi ini digunakan untuk mengatur font
dan ukuran font sesuai keinginan, ketika membuat file baru
maka font dan ukuran font yang sudah dipilih yang ditetapkan.
c) Personalize your
copy of Microsoft Office
Pada opsi ini dapat memasukkan nama
pemilik komputer atau apa saja.
2) Save
Pada tab Save terdapat empat opsi,
yaitu sebagai berikut.
a) Save Workbooks
Digunakan untuk mengatur fasilitas AutoRecover
yang disimpan, dan posisi letak lokasi penyimpanannya.
b) AutoRecover
exceptions for
Berfungsi untuk disable fasilitas AutoRecover.
c) Offline editing
options for document management server files
Digunakan untuk pengaturan pengeditan offline
untuk manajemen file server.
d) Preserve visual
appearance of the workbook
Berguna dalam memilih tampilan visual workbook.
3) Advance
Secara default satuan ukuran margin
pada Excel adalah inchi. Pengaturan ini akan membantu ketika mengatur
ukuran kertas dan batas luar pencetakan. Terdapat beberapa operasi dasar pada
Excel yang perlu dikuasai. Di antaranya adalah membuat, menyimpan, dan membuka workbook.
4) Customize Ribbon dan Quick Access Toolbar
Pengaturan Customize Ribbon dan Quick
Access Toolbar secara umum berada dalam posisi default atau bisa
diatur sesuai keinginan.
0 komentar:
Posting Komentar